Aplikasi Pengolah Angka

by - 4:34 AM

Manfaat Aplikasi Pengolah Angka Untuk Pelajar

Untuk menyelesaikan persoalan-persoalan yang ditemui sehari-hari di berbagai mata pelajaran yang sedang dipelajari.  Seperti persoalan matematika, fisika, biologi, kimia, ekonomi, akuntansi dan mata pelajaran lain.

Beberapa jenis aplikasi pengolah angka
  1.Kspread

Merupakan aplikasi pengolah angka (spreadsheet) yang besifat open source dan multiplatform. Open source artinya kita dapat mendownload aplikasi secara gratis, baik dalam bentuk hasil kompile yang siap diinstal dan dijalankan, maupun dalam bentuk kode-kode program. Multiplatform artinya dapat dijalankan di berbagai sistem operasi.  Aplikasi tersebut bisa didownload secara gratis di url www.koffice.org
2. StarOffice Calc
  StarOffice Calc adalah aplikasi pengolah angka yang bersifat multiplatform, artinya dapat dijalankan di berbagai sistem operasi termasuk linux, solaris, unix, dan windows. StarOffice Calc dikeluarkan dalam satu paket dengan aplikasi StarOffice lainnya.
3. OpenOffice Calc
OpenOffice Calc adalah aplikasi pengolah angka yang bersifat open source. Selain gratis, kelebihan lain dari aplikasi OpenOffice Calc adalah dapat dijalankan di berbagai platform sistem operasi, seperti windows, linux, solaris, dan Mac OS. OpenOffice Calc didistribusikan bersama-sama dengan paket OpenOffice yang lain. Kita dapat mendownload aplikasi tersebut dari www.openoffice.org.
4. GNOME Office - Gnumeric
Gnumeric adalah aplikasi pengolah angka yang merupakan keluarga dari GNOME Office. Gnumeric bersifat open source sehingga kita dapat mendownload dan menggunakannya secara bebas.
5. Abacus
Abacus adalah aplikasi pengolah angka yang hanya membutuhkan memori kecil dan sangat mudah digunakan. Aplikasi ini awalnya dikembangkan sebagai proyek mahasiswa di Universitas IST, Portugal, dibawah bimbingan Prof. Arlindo Oliveira.
6. WingZ
WingZ adalah program aplikasi pengolah angka yang dapat dijalankan di berbagai sistem operasi, seperti Windows, Unix, Linux, dan Macintosh. Perangkat lunak pengolah angka ini dikeluarkan oleh Investment Intelligent. Kelebihan dari WingZ adalah sifatnya yang freeware meski dibatasi hanya untuk penggunaan nonkomersial dan tidak untuk dijual kembali.
7. XESS
XESS adalah aplikasi pengolah angka yang dibuat oleh AIS (Applied Information System – www.ais.com) dan dapat dijalankan di komputer dengan sistem operasi UNIX, Linux, OpenVMS, dan Windows. XESS dikeluarkan dalam 2 versi, yaitu versi Enterprise yang dibuat untuk penggunaan di tingkat perusahaan dan versi Lite yang ditujukan untuk pengguna perorangan.
8. Xxl
Xxl adalah aplikasi pengolah angka yang dikembangkan oleh Universitas Nice dan dapat dijalankan di komputer dengan sistem operasi Unix. Xxl mempunyai tampilan GUI yang sederhana dan mudah digunakan.
9. Lotus 1-2-3
Lotus 1-2-3 merupakan aplikasi pengolah angka yang dikeluarkan oleh IBM. Lotus 1-2-3 dikeluarkan dalam satu paket bersama dengan aplikasi Office lainnya dan dikenal dengan nama Lotus SmartSuite.
Lotus SmartSuite dapat dijalankan di komputer yang berbasis Windows.
10. Microsoft Excel
Microsoft Excel adalah aplikasi pengolah angka yang dikeluarkan oleh Microsoft, perusahaan perangkat lunak terbesar didunia. Microsoft Excel hanya dapat dijalankan di sistem operasi Windows dan tidak pada sistem operasi lain. Microsoft Excel dijual dalam satu paket dengan aplikasi Office lainnya dari Microsoft dan memiliki fitur-fitur yang memungkinkannya diintegrasikan dengan aplikasi Microsoft Office lainnya.
Memilih Aplikasi Pengolah Angka
Manakah Aplikasi pengolah angka yang terbaik? Dan aplikasi manakah yang sebaiknya kita gunakan?
Sebelum memilih aplikasi pengolah angka yang digunakan, ada beberapa hal yang terlebih dahulu perlu dipertimbangkan.
1. Kebutuhan
Hal pertama yang kita pertimbangkan dalam memilih aplikasi pengolah angka adalah aplikasi seperti apa yang kita butuhkan. Apakah kita membutuhkan aplikasi yang dilengkapi kemampuan untuk berhubungan dengan database perusahaan? Apakah kita memerlukan fungsi-fungsi tertentu yang hanya dimiliki oleh aplikasi pengolah angka tertentu? Setelah membuat daftar kemampuan dan fitur yang kita butuhkan dari sebuah aplikasi pengolah angka, selanjutnya kita dapat membuat daftar aplikasi pengolah angka apa saja yang dapat memenuhi kebutuhan kita tersebut .
2. Kemampuan mempertukarkan file
Kemampuan aplikasi pengolah angka untuk mempertukarkan file merupakan hal penting yang menjadi pertimbangan kita. Karena pada era informasi saat ini, sering kali kita akan mengirim, menerima, mempublikasikan, dan mendownload sebuah file. Jika file yang kita berikan tidak dapat dibuka oleh aplikasi orang lain, maka tentu saja hal ini akan cukup menyulitkan.
3. Kemudahan penggunaan
Kemudahan penggunaan merupakan hal penting yang kita perhatikan. Aplikasi yang mudah digunakan akan meningkatkan produktivitas kita. Jika ada orang yang baru belajar atau kita ingin mempelajari fitur-fitur baru dari aplikasi, maka kita tidak akan menemui kesulitan .
4. Fitur-fitur
Fitur-fitur yang banyak akan membuat kita lebih nyaman bekerja dengan aplikasi pengolah angka yang dipilih. Semakin nyaman kita bekerja dengan aplikasi pengolah angka tersebut, maka produktivitas kita juga akan semakin meningkat.
Fitur-fitur yang dicari dari sebuah aplikasi pengolah angka adalah fitur-fitur yang memungkinkan kita mengelola data dengan mudah dan mengatur data-data tersebut agar menghasilkan informasi yang berguna.
5. Platform
Platform aplikasi pengolah angka juga perlu kita pertimbangkan apakah sesuai dengan sistem operasi yang diinstal di komputer yang digunakan. Meskipun beberapa aplikasi pengolah angka bersifat multiplatform, namun ada juga aplikasi yang hanya dapat dijalankan di sistem operasi tertentu saja.
6. Harga
Harga merupakah hal penting dalam memilih sebuah aplikasi pengolah angka yang digunakan. Jika kita mempunyai dana yang cukup maka kita dapat memilih aplikasi yang mahal sekalipun. Sebaliknya jika kita mempunyai dana yang terbatas, maka kita dapat memilih aplikasi pengolah angka yang lebih murah atau yang bersifat open source (gratis).
Di Indonesia harga menjadi kurang dipertimbangkan dalam memilih sebuah aplikasi pengolah angka. Hal ini disebabkan karena masih maraknya pembajakan perangkat lunak, di mana perangkat lunak ilegal dapat diperoleh dengan harga yang sangat murah.













You May Also Like

0 comments