Microsoft Excel

by - 7:51 AM

Dasar-Dasar Excel


Sebelum kita melakukan kegiatan pengolahan data terlebih dahulu kita perlu memahami tentang dasar-dasar Microsoft Excel. File dalam Microsoft Excel berupa workbook yang berisi beberapa worksheet atau lembar kerja yang digunakan untuk pengolahan dan pengorganisasian data. Dalam worksheet terdiri dari baris dan kolom. Pertemuan antar baris dan kolom dinamakan sel. Gabungan dari beberapa sel dinamakan Range.
•Teknik memasukan data di lembaran kerja Excel
•Memformat sel lembaran kerja
•Mengatur nama dan warna tab serta latar belakang lembaran kerja
•Berbagai jenis acuan
•Menggunakan rumus dan fungsi

Memasukkan Data


Data yang dimasukkan ke lembaran kerja Excel dapat berupa teks, angka-angka (bilangan bulat, desimal, dan persentase), waktu, atau tanggal. Data yang berupa teks secara otomatis akan ditempatkan merapat ke kiri sel, sedangkan data dengan tipe data yang lain akan ditempatkan merapat ke kanan.

Jika kita memasukkan data berupa tanggal dan waktu, Excel akan mengenali data yang dimasukkan secara otomatis selama kita mamasukkan data tersebut dengan format yang benar. Jika format yang kita masukkan salah, maka data tersebut akan dianggap berupa angka atau teks biasa. Jika data tanggal atau waktu yang dimasukkan merapat kekiri, berarti format tanggal atau waktu yang kita ketik masih salah dan Excel menganggapnya sebagai data teks.

Karena jumlah data yang dimasukkan ke sel-sel di lembaran kerja Excel sering kali sangat banyak, maka Excel menyediakan fasilitas untuk membuat proses pemasukan data-data tersebut menjadi lebih mudah dan membutuhkan waktu yang lebih singkat.



Memformat sel lembaran kerja
   Mengubah Tinggi Baris
1.Mengubah Tinggi Baris Sesuai Isi Sel
2.Mengubah Tinggi Baris Melalui Menu
3.Mengubah Tinggi Baris Tunggal
4.Mengubah Tinggi Lebih dari Satu Baris



B. Mengubah Lebar Kolom


Pada saat lembar kerja terbuka, tampilan lebar kolom berkisar 9 digit dari font standar. Sehingga apabila kita memasukkan data lebih dari 9 digit, sisanya akan masuk ke kolom berikutnya. Agar data tidak tumpang tindih, perlu dilakukan pelebaran kolom.
1.Mengubah Lebar Kolom Tunggal
2.Mengubah Lebar Kolom Lebih dari Satu Kolom
3.Mengubah Lebar Kolom Sesuai dengan Isi Sel
4.Mengubah Lebar Kolom Melalui Menu



C. Menambah Kolom atau Baris
.Menambah Kolom

Terkadang muncul permasalahan saat membuat tabel, antara lain sudah terlanjur memasukkan data banyak tapi ada kolom yang lupa dimasukkan, sehingga kita perlu menambahkan kolom yang baru. Untuk menambahkan kolom baru di antara kolom yang sudah ada, yaitu sebagai berikut.
a.Pilih sel di kolom yang akan klta sisipi kolom
b.Klik Insert
c.Klik Colum
2.Menambah Baris

Jika iingin menambahkan baris di antara data yang sudah ada dapat dilakukan dengan langkah sebagai berikut.
a.Pilih sel di baris yang akan disisipkan
b.Klik Insert
c.Klik Row



D. Menyembunyikan Baris atau Kolom

Apabila data pada kolom atau baris tidak kita inginkan untuk dilihat orang lain, maka dapat disembunyikan. Langkahnya adalah sebagai berikut:
1.Pilih baris atau kolom yang akan disembunyikan.
2.Klik menu Format, pilih Row untuk baris atau column untuk kolom
3.Klik Hide Untuk menampilkan kembali klik unhide

E. Menghapus Kolom atau BarisData yang memang sudah tidak kita butuhkan lagi perlu kita hapus. Jika ingin menghapus kolom atau baris harus diyakinkan bahwa baris atau kolom itu akan dihapus. Karena proses penghapusan ini akan menghapus semua data-data yang ada dalam satu kolom atau baris itu. 
F. Menggabung dan membagi sel
Menggabung beberapa kolom atau baris menjadi satu.
G. Menambah dan Menghapus Lembar Kerja (Worksheet)
Tampilan awal workbook biasanya terdiri atas tiga worksheet (lembar kerja). Jika kita menginginkan lebih banyak worksheet, maka kita dapat menambahkannya. Langkahnya adalah sebagai berikut:
1.Klik Insert
2.Klik Worksheet
 
H. Memberi Nama Lembar Kerja
Dalam sati workbook, kita dapat membuat lebih dari satu lembar kerja. Jika lembar kerja tersebut tidka diberi nama, kita akan kesulitan untuk memilih lembar kerja. Agar lembar kerja dapat terindentifikasi dengan baik perlu diberi nama. Langkahnya adalah sbb:
1.Klik lembar kerja yang akan diberi nama
2.Klik Format
3.Pilih Sheet
4.Klik Rename
5.Sheet akan terblok, ketik nama baru 
I. Menyembunyikan dan Menampilkan Lembar Kerja


Agar data-data rahasia tidak dapat dilihat orang lain, kita dapat menyembunyikan lembar kerja. Langkahnya sebagai berikut:
1.Pilih lembar kerja yang akan disembunyikan
2.Klik Format
3.Pilih Sheet
4.Klik Hide

Untuk Menampilkan kembali lembar kerja yang disembunyikan lakukan langkah sebagai berikut:
1.Klik Format
2.Pilih Sheet
3.Klik Unhide
4.Pada kotak dialog Unhide yang muncul pilih lembar kerja yang ingin ditampilkan kembali.
5.Klik Ok.
A.

You May Also Like

0 comments