Mengenal Aplikasi Pengolah Angka Microsoft Excel

by - 5:35 AM

Penjelasan Materi

Pekerjaan yang dilakukan dengan komputer tidak selalu menggunakan huruf atau teks, tetapi juga menggunakan angka-angka atau numerik. Microsoft Corp. telah mengantisipasi kebutuhan tersebut dengan menyediakan aplikasi pengolah angka (spread sheet) yang diberi nama Microsoft Excel.


Pengertian
Microsoft Excel merupakan aplikasi yang berorientasi pada pengolahan angka. Excel mampu mengolah angka untuk fungsi matematika, fungsi statistika, fungsi keuangan, dan fungsi logika. Bahkan, penghitungan gaji karyawan, baik dengan neraca maupun laporan keuangan, dapat dilakukan dengan Microsoft Excel
Microsoft Excel yang dikembangkan oleh Microsoft Corporation telah banyak digunakan baik oleh
 perorangan maupun perusahaan. Kemampuannya yang secara cepat dan tepat dalam membantu pekerjaan sudah tidak diragukan lagi. Fasilitas dalam microsoft Excel ini terus bertambah dan memberi kemudahan dari versi ke versi. Selain aplikasi pengolahan angka dengan Excel terdapat juga aplikasi sejenis seperti : Lotus for Windows, SuperCalc, dan Q-Pro.


Perangkat Lunak Lembar Kerja (Worksheet) Beserta Fungsi Ikon dan Menu

Perangkat Lunak Sistem Operasi dengan Program Aplikasi Pengolah Angka

Sistem Operasi merupakan program awal sebelum program aplikasi lain dapat ditempatkan (install)
 dalam suatu komputer. Sistem operasi yang baik adalah sistem operasi yang mampu menyesuaikan hardware dan mampu menjalankan program aplikasi apapun.

Perangkat Lunak dapat dikelompokkan menjadi empat jenis yaitu:

1.Sistem Operasi (Operating System) merupakan perangkat lunak yang mengatur perangkat keras, perangkat lunak, dan pengguna komputer agar dapat bekerja dengan baik.

2.Program Aplikasi (Aplication Programs) merupakan software yang dirancang khusus untuk kebutuhan-kebutuhan dan pekerjaan tertentu, misalnya untuk mengolah kata, angka, dan database.

3.Bahasa Pemrograman (Programming Language) adalah software yang digunakan dan berfungsi untuk membuat suatu aplikasi dengan menggunakan bahasa-bahasa dengan aturan atau prosedur tertentu.

4.Program Bantu (Utility) adalah software yang berfungsi sebagai aplikasi pembantu dan perawatan dalam kegiatan yang berhubungan dengan perangkat lunak dan perangkat keras komputer, misalnya memformat disket, mengkopi data, mengompres file, dan lailn-lain.


Berdasarkan pengelompokan tersebut dapat dilihat suatu perbedaan antara sistem operasi dan perangkat lunak khususnya perangkat pengolah angka.

Berikut tabel perbedaan sistem operasi dengan aplikasi pengolah angka. 


Perbedaan sistem operasi dan aplikasi pengolah angka.



Sistem OpSistem Operasierasi
Pengolah Angka
Sebagai program awal agar komputer dapat berfungsi dengan baik
1. Bukan sebagai program awal dari suatu komputer
Landasan bagi program aplikasi lain
Bukan sebagai landasan program aplikasi yang lain
Bekerja dengan mengendalikan software dan hardware
Bekerja untuk keperluan aplikasi pengolah angka itu sendiri
Orientasi kerja pada manajemen software, hardware, dan file
Orientasi kerja pada pengolahan angka



B. Kegunaan Program Pengolah Angka

Perangkat lunak pengolah angka adalah buku kerja elektronik yang terdiri dari beberapa lembar kerja (sheet) yang berorientasi pada pengolahan data angka. Selain dapat mengolah angka, aplikasi ini mampu bekerja sebagai database (pengolah data).

Proses atau kegiatan yang dapat dilakukan oleh Microsoft Excel antara lain sbb:

1.Perhitungan dengan rumus sederhana,
2.Perhitungan dengan rumus yang kompleks,
3.Perhitungan statistika,
4.Perhitungan keuangan (finansial)
5.Pengolah angka menjadi grafik,
6.Pengolah database

Pengaktifan Program Microsoft Excel




Untuk pengaktifan Microsoft Excel sama dengan pengaktifan program Microsoft yang lainnya. Yaitu melalui menu Start – All Program – Microsoft Office – Microsoft Excel
Menyimpan Dokumen
Lembar kerja yang telah selesai dapat disimpan dalam media simpan yaitu disket, hard disk, atau USB Flashdisk.
Menutup Microsoft Excel
Sebelum anda mematikan komputer, semua program aplikasi Windows harus ditutup. Untuk menutup program dapat digunakan dua alternatif, yaitu dengan klik menu pada menu box atau klik menu File–Exit. Selain itu juga dapat ditempuh dengan menekan tombol Alt+F4.







You May Also Like

1 comments