SOSPOL

by - 9:41 AM

Halo semuaaa, udah lama banget gue ga nulis, berhubung sekarang gue lagi mood, sekarang gue pengen nyeritain kesan-kesan gue selama di sospol. Oh iya fyi sekarang gue udah resmi jadi staff sospol ( sosial politik) di BEMJ Sosiologi *benerin kerah* sebenernya ini latepost parah, cuman gapapalah ya blog-blog gue ini...

*Seleksi
abis ngisi oprec, anak yg pengen jadi anggota BEMJ harus diwawancara dulu, diseleksi, ga asal masuk2 aja. Awal isi pendaftaran gue sebenernya masih bingung, mau masuk departemen apa. di bem jurusan gue ada 4 departemen, PSDM,SOSPOL,Minat Bakat sama Infokom. Stelah menimbang-nimbang *sebenernya masih agak bingung juga* gue memutuskan buat masuk antara departemen PSDM sama  SOSPOL, karena kita boleh daftar dua departemen tapi wawancaranya jadi dua kali. waktu itu *lupa tanggal berapa* yg jelas hari sabtu, pertama gue diwawancara sama Ka Angga di Departemen PSDM, agak ga yakin juga sih sama jawaban2 gue, mungkin efek grogi mikirnya jadi mandet dan gue jadi senyum mulu selama jawab pertanyaan -__-. Setelah itu gue dateng ke SOSPOL, disini gue ditanya sama Ka Rivanz sama Ka Dino yg waktu itu belum gue kenal. Awal ditanya sih agak kaget, maksudnya ka dino ama ka rivanz nanyanya singkat dan dikit jumlah pertanyaannya. Ternyata seleksinya dua sesi, pertama yg diwawancara kedua debat. "wah bakal seru nih" pikiran gue pas tau seleksinya debat. Debatnya berjalan lancar dan seru. Setelah kelar debat, ka dino bilang bahwa ga semua diantara kami yg debat keterima semua, jadi ya kalo ga keterima jangan sedih. Kelar debat, keinginan gue kebalik. gue jadi malah lebih bersemangat masuk sospol dibanding psdm, padahal sospol gue jadiin pilihan kedua. Dan bodohnya gue baru ngeh sospol itu job desk nya pergerakan mahasiswa, pas gue baca job desk masing2 departemen yg di post di twitter malem2 sebelum pendaftaran, gue malah nanya "pergerakan mahasiswa itu kayak gimana" -_- padahal organisasi gue satu lagi yaitu Red Soldier jelas2 organisasi pergerakan mahasiswa -_____- , nah itu juga faktor yg tambah nguatin pengen keterima di sospol karena bakal searah/ berhubungan sama Red Soldier.


*pengumuman keterima
sabtu diwawancara, pas hari senin masuk kuliah, Lina udah dapet pengumuman dia keterima. Deg-deganlah gue sama Dede yg belum nerima sms apa-apa *pengumumannya lewat sms* gue kepo baca smsnya lina yg ngabarin keterima bem. Tiap malem kerjaan gue nungguin sms mulu, berharap keterima *serius* sampe sekitar hari rabu gue udah agak hopeless kagak dapet sms. Sampe akhirnya hari Kamis sekitar jam setengah 9 datenglah sms JENG JENG JENG yg isinya kira-kira kayak gini "Anna, selamat lo masuk sospol bemj, gue tunggu totalitas lo" dan lo harus tau reaksi gue gimana, gue seneeeeeeeeng bgt bgt dapet sms kayak gitu ya sekitar senyum-senyum sambil peluk hp gitu deh. gue langsung ngabarin dede, sekalian nanya dia dpt sms apa engga,ternyata engga. gue langsung diem. Dan pas hari jumatnya twitter bemj ngepost anak2 yg keterima bem, gue download dan gue liat, ternyata nama dede ada, gue langsung kabarin dia dan dia bls " tau dari mana lu na ?" -__- dan gue nyuruh dia liat twitter.

*Saat ini
kalo lo tanya gue gimana masuk sospol, gue bakal jawab "SENENG BANGET" serius, bukan lebay atau gimana, tapi gue ngerasa nyaman di departemen ini. gue bersyukur masuk sospol sampe sekarang, mudah2an sih selamanya,hehe. Kebetulan gue diamanahin pegang buletin *yg sampe sekarang belum terbit2 -_-" bareng ka rivanz,beby sama dita. Dari pada gue bingung ngejelasin sospol dari mana, mending gue deskripsiin anggota2 sospol yg lain :)

1. Ka Dino (KADEPT)
ya pertama gue bakal jelasin Ka Dino,deskripsiin ka dino gue bakal agak panjang karena pertama doi Ketua Departemen sospol dan gue bakal nyeritain kesan awal gue yg keliru terhadap doi. Awal kesan gue liat Ka Dino pas seleksi gue mikir " ini kadeptnya ?ga salah?" hehe serius tapi ternyata emang ga salah ko :) salah satu faktor yg bikin gue mikir kayak gitu, penampilan doi. Ka Dino pake kaos item polos, celana jeans pendek sama sendal, ya cukup kaget aja, disaat anak2 bem lain berpakaian rapih, Ka Dino menjadi dirinya sendiri, tapiii don't judge a book by it's cover itu bener banget, penampilan bisa menipu :)
rapat kedua gue di bemj yaitu Rapat Paripurna, dimana di rapat ini ngebahas proker2 tiap departemen. Di rapat ini ka dino dateng telat dengan memakai jeans sobek2nya, padahal semalem dia bilang di grup whatsaap " jangan pada telat lu,jangan lupa mandi jangan malu2in gue" dan ternyata mantul -__- padahal ka dino yg  presentasi proker sospol, tapi doi gercep orangnya setelah cuci muka dan semprot2 parfume, duduklah dia ditempat kadept :) pikiran gue disini udah mulai berkembang " sebenernya apa sih yg bikin ka Dino kepilih jadi kadept?" dan saat presentasi Ka Dino ngajuin diri presentasi pertama, lancar, menarik, dan interaktif. disitu gue baru tau Ka dino orangnya pinter borkumunikasi :)
dan di diskusi pertama sospol yg bikin ngejawab pemikiran2 gue terhadap kadept gue ini, gue mulai tau cara kerja ka dino kayak gimana. Pertama doi orangnya gercep, kayak yg gue bilang diawal. dan menurut gue pemimpin emang harus punya sikap kayak gini, kalo gercep kan instruksi kebawahnya juga cepet, jadi kerjaan cepet kelar. kedua, mengapresiasi bawahannya,yg gue seneng dari sifat ka dino yg ini, doi ga segan buat muji bawahannya yg emang kerjanya total, kayak pas di diskusi sospol yg pertama, ka dino mengapresiasi Beby(seangkatan sama gue) didepan semua staff sospol yg lain yg kerjanya emang paling banyak pas waktu itu. Dan menurut gue itu bagus, terutama seorang pemimpin ya pujian dari atasan itu emang bikin tambah semangat buat staff yg lain juga. Ketiga, kalo anggotanya ada yg ga hadir rapat, besoknya atau pas ketemu, pasti doi nanya, gue yg emang pernah beberapa kali ga dateng rapat karena berbagai halangan, ditanya juga. sikap kayak gini, yg bikin lo ngerasa kalo keberadaan lo itu penting dalam suatu oragnisasi, dan menurut gue juga ini salah satu faktornya kenapa sospol kalo rapat hampir semua staffnya kumpul :) Ka dino juga demokrasi, doi selalu nanya pendapat staffnya, ga otoriter dan kalo kita lagi ngomong pasti doi merhatiin , liat ke mata. karena ketika kita ngomong dan lawan bicara liat mata kita,tandanya lawan bicara kita bener2 dengerin dan merhatiin kita ngomong. Ya pokonya sih sekarang setelah tau cara kerjanya ka dino ga heran doi kepilih jadi kadept, no doubt on you anymore ka,hehe


2. ka Rivanz ( PJ Buletin)
Selain ka dino, ka rivanz juga atasan gue disospol, karena doi penanggung jawab buletin. ka rivanz orangnya baik, Kerja bareng doi juga enak, orangnya ga pernah marah *gue sih belum pernah liat ka rivanz marah* kalo diantara kakak2 sospol yg lain gue paling ga canggung ama ka rivanz ini, mungkin karena emang sering kumpul juga, ya jadinya kalo mau nanya apa2 tentang sospol gue lebih sering tanya doi :)

3. Ka Dani (Pj Diskusi)
Ka dani orangnya baik, semua anak2 sospol emang pada baik sih, cuman ka dani ini orangnya lebih ke perhatian, bukannya gimana2 tapi emang doi gitu. contoh waktu di diskusi pertama itu waktu mulainya emang jam 1 tapi kita siap2 dari jam 11an, ka dani bilang ke staff yg lain " eh lu pada udah pada makan ? gue kasian liatnya, gue beliin roti satu2 cukup kan ya" nah itu salah satunya terus kalo kita udah kelar rapat doi suka bilang "hati-hati ya pulangnya" karena emang di sospol ini, angkatan 2013nya kebanyakan cewe dan seniornya rata2 cowo. emang hal kecil sih, tapi kan gue pengamat yg teliti jadi hal kecil juga gue inget :p oh iya yg gue inget kejadian ka dani jadi waktu diskusi pertama sospol doi ngasih sambutan selaku ketuplak, grogi gitu awalnya,nyuruh beby liatin dia latihan, eh untungnya ngasih sambutannya lancar :)

4. ka Indah
jarang ketemu sama ka indah, tapi kalo diliat dari whatsapp orangnya asik2 aja :)

5. Beby ( partner buletin )
Beby ini orangnya rameee bgt, dia suka ngelawak, kalo ada dia bawaanya seru sama ketawa mulu. panggilan beby di sospol beby margareta -__- kemaren pas diacara solative (acara sosiologi) doi ikutan lomba nyanyi, gue baru tau kalo beby suka nyanyi, kalo buat suaranya, yaa lumayan bagus lah beb :)

6. Dita (partner buletin juga)
Dita ini kocak orangnya,bisaa aja ngomongnya,hehe doi suka godain ucim (muslim) bareng beby nih suka rebutan kadang. Oh iya Dita juga penemu nama buletin sospol yaitu "SOSPOLITANT"

6. Bella (sekertaris)
kalo disuruh satu kata buat bella gue ngasih "GERCEP", menurut gue doi kerjanya cepet banget dan sigap mungkin ini salah satu alasan ka dino milih doi jadi sekertaris, karena kan kalo sekertarisnya lemot *kayak gue* yg ada nyatet2 tiap rapat ketinggalan mulu,dan dia juga yg suka ngejarkomin rapat, berhubung gue abis kena jambret dan hp gue ikut lenyap *curcol* handphone gue yg skrng kagak bisa internetan jadi ya bella salah satu orang yg ngebantu gue dalam menginfokan tentang sospol :)

7. Setyana (bendahara)
setyana bendahara, bendahara yg baik, karena doi tidak pernah memaksa dalam meminta uang kas,hehe dia sama kayak gue anak pendidikan sosiologi cuman beda kelas, dia juga yg selalu sms gue kalo ada rapat sospol :)

8. Yoshinta ( staff diskusi)
yosii orangnya baik, doi ramah banget. dan dia gampang banget ketawa kalo sama gue *mungkin gue lucu* oh iya belum lama ini ayahnya meninggal,tapi doi orangnya tegar banget gue liat, ya pokonya buat yosi yg sabar semoga ayahnya dapet tempat terbaik disisi Allah SWT :)

9. Muslim, Faisal sama Ardi
ini cowo-cowo angkatan 2013nya, mereka baik semua, asik2 orangnya. kriteria paling mencolok kalo muslim irit banget ngomongnya cuman doi kocak, kalo faisal jago maen gitar *ini ga nyambung ama sospol sebenrnya* oh iya dia juga lumayan aktif anaknya, kaloo ardi orangnya hm... belum nemu yg mencolok sih cuman ya ardi ramah orangnya dia jadi penanggung stadium general (SG) dimana SG ini event besar sospol,satu2nya proker malah. jadi ya semangat2 buat doi :)

akhirnyaa kelar juga gue deskripsiin temen2 sospol, lumayan pegelnya mulai kerasa. Ya pokonya buat penutupan (emang pidato?) gue berharap sospol makin maju, makin solid, makin kompak, semakin bersinergiii :D oh iya mau ngasih info juga nih ada diskusi kedua sospol tentang LGBT (lesbian,gay,bisexual,transgender) yg diadain tanggal 9 mei 2014 jam 1 siang di RSG, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, buat temen2 yg kebetulan ga ada acara dateng aja, free ko acaranya dan terbuka untuk mahasiswa univ lain juga :)





You May Also Like

0 comments