Short Escape to Singapore (2D1N)

by - 8:45 PM

Kali ini gue mau sharing perjalanan  beberapa waktu lalu ke Singapore. Jadi gue itu pergi ke Sg bulan Agustus tepatnya tanggal 17-18 yang jatuh pada hari sabtu-minggu. Ini kebetulan tanggal 17nya tanggal merah jadi gue ga harus mengajukan cuti (fyi waktu itu gue tiap hari sabtu masih masuk kerja, jadi biasanya kalo ada acara hari sabtu harus ngajuin cuti dulu). Gue berangkat sama 2 temen gue, kita ciwi-ciwi emang belum pernah ke LN sebelumnya, jadi trip ini sama-sama perjalanan pertama kali kita ke LN.

Kita pesen tiket air asia yang kebetulan waktu itu lagi promo, jadi kita dapet harga tiket PP itu sekitar RP. 1.150.000 kalo ga salah. Jadi sebelumnya itu kita ga ada rencana buat pergi, awalnya itu gara-gara notif promo yang terus muncul di hp, yang akhirnya bikin gue cek harga-harga tiket. Tadinya mau pergi ke kota kota di Indonesia aja, tapi pas di cek ko harga tiket ke LN relatif lebih murah dibandingin harga tiket penerbangan domestik, akhirnya gue iseng ajak temen gue dan ternyata mereka mau.

Abis pesen tiket, kita nyusun itinerary selama dua hari di Sg. Mulai browsing penginapan, transport, sampe tempat-tempat yang mau dikunjungi. Kita pesen tiket itu sekitar 2 bulan sebelum berangkat, jadi emang masih banyak waktu dan nyantai juga. Untuk penginapan, kita nginep di Backpacker Cozy Corner Guesthouse. Bisa dibilang trip kita ini emang trip on badget, jadi mulai pemilihan penginapan, tempat2 yg dikunjungi kita pilih yang ga mahal tapi tetep nyaman. Pemilihan penginapan di Backpacker Cozy Corner juga ini gue dapet hasil nonton youtube rekomendasi penginapan buat para backpacker yang harganya relatif masih terjangkau tapi tetep nyaman. Lagian kita nyusun itinerarynya juga lumayan padet, jadi penginapan bukan hal yang terlalu kita prioritasin, toh ke hotelnya buat tidur doang, hehe. Di Backpacker Cozy Corner kita dapet harga 651 ribu semalem dan itu kita bagi kita. Selain penginapan kita juga beli tiket tempat-tempat yang bakal kita kunjungi, jadi kita usahakan semua biayanya udah kita keluarin sebelum kita nyampe disana. Biar ga ribet juga kalo ngurus disini pakenya masih pake rupiah juga. Kita beli tiket ke Madame Tussauds sama Wings of Time. Dua tempat ini kita pilih hasil dari browsing-browsing di Internet, yang bilang kalo ke Singapore harus ke Sentosa Island. Karena kita ga minat ke Universal studio dan SEA aquarium, makanya kita pilih dua tempat ini. Kita juga beli sim card biar tetep bisa tetep konek internet. Semua tiket ini kita beli di traveloka.

Hari demi hari berlalu, semua udah dipersiapin mulai dari passport, penginapan, itinerary dan ga kerasa waktu berangkat pun tiba... wkwkwk

DAY 1

Penerbangan kita itu jam 06.55, kita berangkat dari rumah sekitar jam 04.00 lewat dan nyampe bandara jam 05.00 an. Sampe di Sg sekitar jam 10.00 langsung ke bagian imigrasi dan ambil sim card. Sebelum ambil sim card kita sempet memanfaatkan wifi yg ada di bandara. Dari terminal 4 kita ke terminal 2 naik shuttle bus. Lucunya kita ini ga tau kalo shuttle bus ini bayar atau engga, kita asal naik aja, jadi selama di bus kita panik-panik bingung, ini bus bayar apa engga, dan ternyata akhamdulillahnya free, wkwkw nyampe di terminal 2 kita ngurus Singapore Tourist Pass (STP), jadi  STP ini gunanya buat para tourist sg yang mau naik mrt atau bus sehingga kita ga usah bayar-bayar lagi karena kartu ini unlimited nilainya, tinggal tap tap aja. setelah selesai, langsung naik mrt menuju Sentosa Island. Turun di Harbourfront mrt station, keluar dari stasiun ini adalah Mall Vivo City. Kita disini sempet makan siang dulu, karena emang belum sempet sarapan juga, wkwk

Menunya lupa namanya, tapi ini enak. harganya sekitar 5 SGD

Makan siang di Mall Vivo City

Keluar dari mall ternyata pemandangannya juga masha allah bagus, kita disuguhi pemandangan pantai. Disini kita sempet foto juga

Kita memutuskan untuk jalan kaki menuju Sentosa Island via Sentosa Boardwalk. Sebenernya bisa juga naik monorail atau cable car, cuman karena kita ingin menghemat jadi kita pilih jalan kaki, wkwk. Selama jalan kita untungnya ga bosen, karena pemandangannya bagus dan bisa foto foto juga. Sampai di Sentosa, kita keliling-keliling dulu, baru setelah itu kita ke Madame Tussauds. Keluar Madame Tussauds sekitar jam 4an dan kita nyari tempat yg kira-kira masih dekat, karena kita nunggu wings of time yg mulai sekitar jam 19.40. Akhirnya kita memutuskan ke Siloso Beach dan menghabiskan sore disana. Fyi, jam 7an di Singapore itu kayak jam 4 sore di Indonesia, masih terang banget 😅. Sekitar jam 7 kita balik lagi ke tempat Madame Tussaud tepatnya di Imbiah Station. Ternyata wings of time itu tempatnya dibeach station, jadi kita naik monorail kesana, free..
Wings of time itu pertunjukkan air mancur yang dihias pake sinar lampu-lampu dan kembang api, lumayan seru sih tapi kayaknya gue pernah liat pertunjukkan semacam ini di Ancol jadi ya sepertinya ekspetasi gue terlalu tinggi, cuman cukup menghibur ko.

Setelah pertunjukan Wings of Time selesai kita ga langsung pulang (gass teruss) kita nyempetin ke Garden by The Bay. Kita ke sana naik mrt. Kenapa kita maksain malem itu tetep ke Garden by The Bay, karena takut malem besok ga keburu dan rencananya emang emang mau berangkat ke bandara sekitar jam 6 sore karena flight kita jam 10 an. Sampai lah di Garden By The Bay dan ternyata penuh banget, orang-orang baru pada keluar, kita datang pas banget pertunjukan selesai, jadi emang cukup crowded. Karena suasananya juga rame banget, mau foto juga susuah karena kameranya udah mati wkwk akhirnya kita memutuskan keliling-keliling aja dan ga lama kemudian pulang. Kita rencanain buat besok datang lagi kesini buat foto-foto dan menikmati Garden by The Bay. Sekitar jam 10an kita pulang ke penginapan. Dari Stasiun Bugis jarak penginapan udah deket, kita manfaatin maps buat kesana, dan ternyata emang ga jauh penginapannya, sekitar 5 menit dari stasiun. Habis checkin kita langsung bersih-bersih, makan malem dan istirahat (teparrr).

DAY 2

Sekitar jam 07.30 kita udah siap (semangat boss, wkwk) dan tinggal tidur-tiduran sambil nunggu sarapan dari penginapan yg bisa diambil sekitar jam 8 pagi. Karena geregetan buat pergi akhirnya gue cek lokasi masjid sultan dari penginapan, dan ternyata deket banget. Akhirnya kita memutuskan untuk berangkat dan nanti balik lagi ke penginapan sambil ngambil sarapan. Jaln ke Masjid Sultan sekitar 10 menit sambil menikmati suasana pagi di Singapore yang masih sepi dan masha allah enak banget keliling jalan kaki di sana. Pengguna kendaraan sangat menghormati pejalan kaki, ga ada klakson2 pokonya. Sampai di Masjid Sultan seperti biasa kita foto-foto dan keliling Arab Street yang memang disediakan tempatnya untuk foto-foto. Kafe-kafenya belum buka karena masih pagi. Tapi kita nemu satu kafe yg buka dan rame, akhirnya kita memutuskan sarapan disini dong 😂😂 ga jadi balik hotel buat ambil sarapan. Makanannya sekitar 5 dollar.

Setelah makan di Kampung Arab akhirnya kita ke Garden by The Bay (lagi). Sekarang udah ga bingung liat petunjuk mrt karena semalem udah kesana. Di Garden by The Bay kita disini agak lama keliling-keliling. Kita juga nyempetin ke Marina by Sands.

Dari Garden by The Bay kita memutuskan untuk pulang ke penginapan buat ngambil barang terus beli oleh-oleh masih di sekitar Bugis. Nyampe penginapan, pemiliknya nanya kita flight jam berapa dan kita boleh nitip barangnya dulu meskipun kita udah check out, seneng banget dong 😂 kita udah ngebayangin belanja sambal bawa-bawa tas dan beliau juga menawarkan kalua emang nanti abis belanja mau mandi dulu disini boleh katanya. Baik banget pemiliknya. Akhirnya kita di penginapan leyeh-leyeh dulu setelah lelah berkeliling dan nyempetin charge kamera. Sekitar jam 11.30 kita berangkat lagi ke Bugis Junction tempat beli oleh-oleh. Ke sini dari penginapan kita jalan kaki karena emang ga jauh. Yang unik buat gue di tempat pembelian oleh-oleh ini, disini yang jelas tempatnya bersih, nyaman dan penjualnya ga berisik nawarin barang-barangnya, kalo di Indonesia kan pasti kalo penjualnya lewat pasti pedagang sibuk kan ngajakin buat beli barangnya "ayo kaka lagi murah nih" "ayo kaka liat liat dulu aja" nah disini tuh engga 😂gue pribadi sih agak aneh biasa kalo di Indonesia kan pasti rame, disini adem adem aja wkwkw. Pas di bugis ini juga gue sempet nanya tempat beli coklat serba 1 dollar yang gue liat dari grup traveller di facebook, setelah nanya ternyata ditunjukkin tempatnya dan nemuuu, seneng banget dan tempatnya murahh, semuanya bener2 1 dollar. Disini kita puas2in belanja oleh-oleh. Setelah belanja kita balik lagi ke penginapan buat naro belanjaan, karena masih ada tempat yg pengen kita kunjungin.

Setelah naro belanjaan di penginapan, awalnya kita mau metuskan langsung ke Marlion Park aja, tapi setelah diliat-liat waktunya kayaknya masih cukup buat ke Little Indian. Akhirnya kita ke little Indian. Disana ga terlalu lama, keliling, foto-foto terus langsung menuju Marlion Park. Nyampe Marlion Park ramee banget karena weekend kayaknya. As a tourist apalagi kalo bukan foto-foto dan keliling menikmati sore di sana yang alhamdulillahnya lagi cerah. Di Sg ini emang kita kebanyakan jalan kaki, jadi ya lumayan pegel juga, tapi seru kok. Ngeliat bule-bule yang jalan sambal bawa carrier gede-gede ga berani bayangin pegelnya kayak apa, kita aja bawa badan aja udah capek, emang dasar lemah 😅 Di Merlion Park kita juga sempet makan siang di Sevel, kita beli Udon dan ramen cup gitu, dan kita ga bawa tumblr, jadi mau ga mau beli air mineral yang harganya sekitar 3 dollar per botol 💔. Setelah puas menikmati Merlion Park kita balik ke penginapan buat ambil barang dan langsung menuju Bandara.

Sampai di bandara sekitar jam setengah 8 malem kalo ga salah, terus kita ke Jewel dulu dan pas banget pertunjukaan airnya baru mulai. Setelah selesai kita langsung caw ke terminal 4. Pas di pemeriksaan belanjaan handbody gue yg gue beli di bugis ga lulus sensor hiks hiks jadinya ga bisa dibawa 💔. Sekitar jam 22.00 kita berangkat ke Indonesia dan alhamdulillah sampai sekitar 22.45.
Sekian curhat tentang perjalanan Sg kali ini, semoga ke depannya masih diberi kesempataan untuk berkeliling ke tempat-tempat baru. See u di postingan selanjutnya💓