Pantai Mutun Lampung

by - 4:24 AM


Selain pantai pasir putih dan kalianda, lampung memiliki pantai lain yang tak kalah menarik untuk dikunjungi, Pantai mutun misalnya. Pantai yang berjarak sekitar 20-30 menit perjalanan dari kota Bandar lampung ini menawarkan keindahan pasirnya yang putih, berbeda dengan sebagian pantai di pulau jawa yang berpasir hitam.
Sepanjang perjalanan anda akan disuguhi pemandangan hijaunya pepohonan, sawah dan pegunungan yang saying untuk dilewatkan. Tapi  Sayang sekali, saat memasuki memasuki jalan setapak setelah kita mendapati plang sederhana bertuliskan “Pantai Mutun”, kita akan melewati jalan berbatu dan berdebu selama 5 – 10 menit.

pantai mutun 1

Suasana dan Keindahan Pantai Mutun

Seperti halnya pantai pada umumnya, pulau mutun menawarkan suasana laut dan wisata air. Meskipun tidak terlalu wah, tapi anda bisa menikmati air disini, dengan berenang atau sekedar berjalan menyusuri pantai.
Bagi anda yang tidak bisa berenang, bisa menkmati air laut yang tenang dengan menyewa ban renang atau bermain kano. Hanya dengan biaya sewa sekitar Rp. 10.000 hingga Rp. 20.000 saja per kano, kita bisa menikmati olahraga ini selama satu jam.
Harga tiket masuk (HTM) pantai mutun tidak begitu mahal, hanya Rp. 2500 per oeang atau Rp. 5000 per mobil.
Pantai landai yang terbentang menghadap selat sunda ini juga pernah merasakan terjangan Tsunami dalam ledakan Krakatau pada tahun 1883 silam. Hal itu tidak mengurangi keindahan pantai yang terkombinasi dari laut dan hutan di sepanjang pantai mutun.
pantai mutun 2

Daya Tarik Pulau Tangkil

Sebenarnya yang menjadi daya tarik dari pantai ini adalah pulau kecil yang terletak tidak jauh dari pantai mutun. Pulau Tangkil yang mungil itu menawarkan pesona keindahan yang masih terjaga keaslianya. Dengan pantainya yang inda dan airnya yang jernih. Untuk menuju ke pulau ini anda bisa menyewa jasa perahu untuk menyebrang. Dengan biaya sekitar 5000 rupiah anda sudah bisa sampai di pulau tangkil.  Jangan khawatir tidak bisa kembali pulang, anda bisa minta perahu yang mengantarkan anda untuk menjemput kembali saat anda ingin pulang.
Tidak hanya lebih bersih, tapi pulau ini juga lebih sepi pengunjung dibandingkan pantai mutun. Anda bisa menghabiskan waktu untuk berenang atau sekedar berjalan mengelilingi pantai di pulau kecil ini dengan santai dan nyaman. Namun anda harus berhati-hati, karena banyak terdapat bulu babi di beberapa tempat tertentu di sekitar pantai pulau tangkil ini.
pantai mutun lampung
Jika merasa lelah, anda tidak perlu reput untuk menyebrang kembali ke pulau mutun, karena di pantai kecil ini sudah tersedia gubuk-gubuk yang bisa disewa untuk beristirahat. Tidak hanya itu dibagian tengah pulau juga terdapat area untuk  melakuka games outbond.
Di sarankan bagi anda yang ingin berkunjung ke pantai mutun atau pulau tangkil untuk datang lebih awal, karena terbatasnya jumlah fasilitas disini, sangat mungkin bagi anda untuk tidak kebagian tempat istirahat atau pondok-pondok yang disewakan.
Di sekitar pulau mutun juga terdapat penginapan yang relative murah, yakni sekitar 150 ribu rupiah per malam. Jadi jangan takut jika anda terlena menukmati suasana di pantai mutun sehingga kemalaman untuk pulang.
Selamat menikmati perjalanan anda di pantai mutun, jangan lupa bagi anda yang berasal dari luar daerah smpatkan untuk membeli oleh-oleh khas lampung, berupa kerajinan dari kulit kerang atau keripik pisang yange merupakan makanan khas daerah setempat.

You May Also Like

0 comments