Rangkuman Sejarah

by - 4:30 AM

Sejarah
1.Masuknya pengaruh Hindu Budha ke Indonesia
Kebudayaa Hindu Budha mempengaruhi beberapa unsur kebudayaan Indonesia,yaitu bahasa dan tulisan (masyarakat indo jd mnganal tulisan dan bahasa sansekerta juga huruf Pallawa),Kesusastraan (banyaknya karya sastra india yg disadur kedalam sastra jawa kuno),arsitektur (perpaduan seni megalithik dan seni bangunan hindu budha),Kepercayaan dan filsafat (pemujaan terhadap roh nenek moyang tetap berlangsung namun dilakukan di komplek candi), pemerintahan (sistem kerajaan).

2.Teori teori masuknya Hindu Budha
1. Teori Ksatrya (FDK Bosch) => proses masuknya budaya india dilakukan oleh prajurit ,yaitu kasta ksatria.Golongan prajurit ini disebabkan adanya kolonisasi yang terjadi di indonesia.
2. Teori Waisya (NJ Krom) => adanya perdagangan antara indonesia dengan india. Dibawa oleh golongan waisya,golongan yg didominasi oleh pedagang.Diperkuat oleh banyaknya pedagang india yg menetap di indonesia dan melakukan pernikahan.
3.Teori Brahmana (Van Leur) => Adanya ketertarikan bangsa indonesia untuk memperbaiki kehidupan sehingga mengundang golongan Brahmana dari India untuk mlakukan upacara vratyastoma.Ajaran hindu dibawa oleh golongan cendikiawan yang menyampaikan budaya india ke indonesia.
4.Teori Arus Balik (G.Coedes) => yang berperan dalam penyebaran kebudayaan india di Indonesia adalah bangsa indonesia sendiri yaitu orang2 asia yg memiliki kepentingan di india juga para mahasiswa,dan ketika kembali mereka membawa pengaruh kebudayaan india.
3.Faktor faktor diterimanya kebudayaan Hindu Budha oleh masyarakat Indonesia
a. Masyarakat indonesia memilki dasar2 kebudayaan yg ckup tinggi,sehingga msuknya kbdayaan asing menambah perbendaharaan kebudayaan indonesia.
b. kecakapan istimewa yg dmliki bangsa indonesia (local genius) yaitu kecakapan menerima unsur2 kebudayaan asing dan mengolah unsur2 trsbut sesuai dngan kpribadian bangsa indonesia.
4.Bentuk2 akulturasi seni rupa dan ukir budaya Hindu Budha dan Indonesia
-Patung dan relief.Patung Budha berlanggam Gandara di Bangun kutai,relief pada dinding candi borobudur relief cerita sang budha serta suasana indonesia.
-Seni ukir pada candi motif suluran2,daun2,dan bunga teratai.beberapa candi di jawa Tengah terdapat hiasan berupa pohon kehidupan.

5.Kerajaan Sriwijaya
Sriwijaya muncul pada abad ke 7 M dikenal sebagai kerajaan nusantara yang pertama di wilayah indonesia juga kerajaan maritim yg kuat.
a.Bukti keberadaan
prasasti kedudukan bukit (605 saka =683 M) di tepi sungai tatang dekat palembang,Prasasti talang Tuo (606=684 M),Prasasti telaga batu (tdk dktahui),Prasasti Kota Kapur (608 saka=686)
b.Peranan
1.Sebagai kerajaan maritim yang besar,faktornya karena letak strategis ,potensi alam sehingga mnarik para pedagang,keruntuhan kerajaan maritim funan.
2.Sebagai pusat agama budha di asia tenggara
C.kemunduran
1.faktor Geologis ,pendangkalan sungai musi membuat palembang jauh dri pantai fungsi sbgai bandar penting mengalami kemunduran.
2.Faktor politik
1.sebelah timur terdesak oleh singasari
2.sebelah utara terdesak oleh siam yg mlakukan ekspansi ke selatan.
3.Faktor ekonomis
1.perdagangan mengalami kemunduran
2.banyak daerah bawahan yg melepaskan diri sehingga mengurangi pendapatan.
6. Isi Prasasti Canggal
Meceritakan tentang pendirian lingga (lambang siwa) di desa Kunjarakunja oleh Sanjaya.Diceritakan pula bahwa yg menjadi raja mula mula adalah sunna,kemudia digantikanoleh sanjaya anak sannaha,saudara perempuan sanna.
7.Kerajaan Kutai
a.Kehidupan politik
pemimpin awal berdasarkan prasasti yupa adalah Kudungga sebagai kepala suku,kerjaan ini trbentuk pda msa pemerintahan aswawarman.mencapai puncak pda masa mulawarman.Penggunaan nama warman menunjukkan adanya hub politik antara kutai dengan india.
b.kehidupan keagamaan
menganut hindu syiwaisme ditandai dengan bangunan waprakeswatayang berkaitan dengan baprakeswara di jawa yg lenih menekankan pemujaan kepada syiwa.
c.kehidupan sosial
masyarakat kutai tertib,terorganisir,dan teratur secara rapi,merupakan masyarakat terbuka.
d.kehidupan ekonomi
memiliki banyak mata pencaharian seperti berburu,perikanan,pertambangan,perniagaan,dll.sejahtera dan makmur.
e.Akhir kerjaaan
setelah kepemimpinan Mulwarman, kerajaan kutai tidak ada gemanya.
8.Kerajaan Majapahit
a.aspek kehidupan politik
Raden Wijaya (1293-1309),Sri Jayanegara (1309-1328), tribhuwanatunggadewi (1328-1350),Raja hayam wuruk (1350-1389)
b.Aspek kehidupan sosial ekonomi
pertanian dan perdagangan mata pencaharian kerajaan majapahit sehingga dikenal kerjaan maritim dan agraris.Mata uang yg digunakan uang gobog.
c.Aspek Kehidupan kebudayaan
Masyarakat majapahit hidup dengan rukun meskipun berbeda beda agama.bnayaknya peninggalan candi yg berkembang pada masa majapahit seperti candi Tigawangi,surawana, tikus,dll.
d.Mundurnya Kerajaan majapahit
1.faktor politik
Majapahit terbentuk atas kekuatan gajah mada,setelah gajah mada meninggal,daerah yg luas tak dapat dipertahankan.

2.Faktor ekonomi
Banyaknya bandar dagang yg melepskan diri.
3.Faktor agama
Bandar bandar dagang yg telah memeluk islam banyak yg menentang majapahit.
9. Kerajaan Singasari pada masa pemerintahan Kertanegara
Pada masa pemerintahan Kertanegara kerajaan singasari mencapai puncak kejayaan.Kertanegara memiliki gagasan untuk menyatukan seluruh kerajaaan2 nusantara dibawah kekuasaan Singasari (Wawasan Nusantara 1),maka dikirimlah tentara keluar daerah untuk politik perluasan daerah,ketika singasari dalam keadaan sepi maka Raja kediri Jaya menyerang singasari ,kertanegara meninggal dalam kejadian ini.wafatnya kertanegara mengakhiri wirayat kerajaan singasari.
10.Teori teori masuknya islam ke Indonesia
1.Pendapat Pijnappel
masuknya islam dibawa oleh orang2 yg berasal dari anak benua india selain arab dan persia,yaitu dari kawasan gujarat dan malabar.
2. Pendapat Snouck Hurgronje
Teori ini penjelasan dari teori pijnappel yaitu islam dibawa oleh orang2 islam yg sudah menguasai kota2 di pelabuhan selatan india yg mulai merantau ke indonesia.
3.Pendapat Arnold
Islam dibawa oleh orang2 yang berasal dari tanah arab.
4.Pendapat Hoesein Djajadiningrat
Islam dibawa oleh masyarakat persia yang datang ke indonesia untuk berdagang.
5.Pendapat HJ De Graaf,Slamet Mulyana dan Denys Lombard
Islam dibawa oleh masyarakat cina karena banyaknya masyarakat indonesia yg menganut madzhab sunni-syafii.
6.Pendapat Alwi Shihab
Islam dibawa oleh pedagang pedagang sufi muslim barat yang masuk ke cina lewat jalur jalur barat.
11. Kerajaan Samudra Pasai
Berdiri pada pertengahan abad ke 13,didirikan oleh laksamana islam dari mesir bernama Nazimudin Al Kamil pada taun 1283.Penguasa pertama bernama marah Silu dengan gelar sultan malik as-saleh.Mencapai puncak kejayaan pada abad 14,menjadi pusat studi agama islam dan tempat berkumpulnya ulama dari berbagai negara.Berkembang pesat menajdi pusat perdagangan dan penyebaran agama islam.Posisi strtegis karena berbatasan dengan selat malaka.Melakukan perdagangan dengan negara lain dan menggunakan mata uang emas.

12.Kerajaan Demak
Didirikan oleh Raden Patah (1500-1518 M).Pemerintahan Raden Patah (1500-1518 M),Pemerintahan Sultan Trenggono (1521-1546 M).Kerajaan demak bertumpu pada bidang agraris dengan hasil utama beras.Sepeninggal Sultan trenggono di kerajaan demak mulai timbul kekacauanyg disebabkan oleh perebutan kekuasaan antar keluarga.Kerajaan demak dipindahkan ke pajang dengan rajanya sultan hadi wijaya,kejayaan demak berakhir dan statusnya menajdi kembali daerah kabupaten.



You May Also Like

0 comments